ASURANSI - Untuk keamanan berkendara

ilustrasi asuransi
ASURANSI KERUGIAN
Asuransi dimaksudkan agar pembeli mobil tidak akan mengalami kerugian bila mobil yang dibelinya mengalami kecelakaan. Kecelakaan yang dimaksud di sini adalah tabrakan atau kehilangan krn dicuri. Ada beberapa jenis resiko kerugian yang dapat ditutupi atau diganti oleh perusahaan asuransi, dari jenis total loss only sampai all risk / Compeherensif (untuk beberapa asuransi plus huru hara).

Total loss only (TLO) adalah suatu program asuransi yang hanya melindungi mobil dari dua jenis resiko, yaitu hilang karena dicuri dan tabrakan yang biaya perbaikannya di atas 75% dari nilai pertanggungan. Biaya premi (biaya yang dikeluarkan untuk menutupi kemungkinan rugi) jenis asuransi total loss adalah yang paling murah dibandingkan dengan jenis program asuransi lainnya. All risk adalah suatu program asuransi yang akan mengganti seluruh kerugian akibat aneka tabrakan atau pencurian. Biaya preminya termasuk yang termahal karena memiliki fasilitas ganti kerugian yang cukup lengkap.

Prinsipnya, asuransi adalah alternatif untuk memindahkan resiko kerugian yang mungkin muncul akibat pencurian atau tabrakan dari pemilik kendaraan ke perusahaan asuransi. Bila mobil dibeli secara leasing, dapat dipastikan bahwa perusahaan leasing akan mengharuskan mobil tersebut di asuransikan. Jadi, jika membeli mobil bekas, ada baiknya dana untuk asuransi juga dicadangkan. Maksudnya agar dapat terhindar dari resiko kerugian yang mungkin terjadi.

Biaya premi asuransi sangat beragam untuk beberapa perusahaan asuransi, umumnya antara 1% untuk tlo sampai dengan 3,5% untuk allrisk per tahunnya.Untuk pertanggungan tahun mobil juga beragam, biasanya dibawah tahun 2000 perusaahan asuransi menghendaki mobil di cover dengan pertanggungan tlo. Untuk huru hara dan teroris biasanya pihak asuransi memberikan premi khusus untuk pertanggungan all risknya dan yang pasti lebih mahal dari asuransi allrisk biasa.

Asuransi sangatlah dianjurkan, karena kita tidak tahu resiko yang akan terjadi suatu saat. Namun perlu kehati-hatian dalam hal memilih perusahaan asuransi terutama untuk prosedur claim, untuk yang satu ini kita butuh banyak referensi dan rekomendasi sebelum kita memilih perusahaan asuransi yang akan kita pakai untuk mengcover asuransi mobil bekas kita.(irvan dan berbagai sumber)


    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More